Jual Produk Suplemen HDI Original

Thursday, August 20, 2020

Inilah Cara Meningkatkan Imun / Daya Tahan Tubuh

| Thursday, August 20, 2020


Sistem imunitas atau daya tahan tubuh bisa di ibaratkan seperti tameng besi yang mana tameng di pakai saat berperang untuk menakis serangan dari lawan. Begitu juga imunitas tubuh sebagai sistem kerja tubuh yang berfungsi untuk melindungi dan melawan penyakit. 

Sistem ini akan melindungi tubuh dari serangan organisme, virus atau kuman yang dapat menyebabkan penyakit. Akan tetapi, saat sistem imun ini dalam kondisi lemah, tubuh pun akan mudah terserang penyakit. 

Biasanya saat terjadi musim hujan dan banjir, penyakit flu dan pilek sering kali diderita oleh banyak orang. Oleh sebab itu, agar tubuh kembali kebal terhadap penyakit, sistem imun harus perlu dijaga dan ditingkatkan. Terlebih, sekarang ini imunitas dikaitkan erat dengan risiko terinfeksi virus corona penyebab Covid-19.

Kita ketahui bahwa penyembuhan utama yang paling besar kalau terinfeksi virus corona yaitu dengan daya tahan tubuh yang kuat. Maka, dari itu pemerintah gencar-gencarnya mengedukasi masyarakat untuk hidup sehat, dan menjaga daya tahan tubuh agar tetap optimal.

Perlu Anda ketahui ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Termasuk menerapkan pola hidup sehat, menghindari stres, hingga mengonsumsi suplemen agar sistem kekebalan tubuh tetap prima. Berikut ini adalah 5 langkah yang bisa Anda tempuh untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh:

5 Cara Untuk Menjaga dan Meningkatkan Imunitas Tubuh

1. Perbanyak makan sayur dan buah


Sayur dan buah merupakan jenis asupan yang wajib dikonsumsi untuk memenuhi pola makan gizi seimbang. Penelitian menunjukkan, orang yang banyak mengonsumsi buah dan sayur cenderung tidak mudah sakit. Konsumsi buah dan sayur juga terbukti efektif untuk mencegah berbagai penyakit berbahaya, termasuk penyakit Covid-19 yang saat ini mewabah.

Sayur dan buah mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Kedua zat gizi ini memiliki peran sangat penting, salah satunya sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. 

Radikal bebas sendiri merupakan salah satu penyebab terjadinya berbagai penyakit dan infeksi. Tak hanya itu, vitamin dan mineral juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh yang kuat sangat diperlukan untuk mencegah infeksi akibat virus corona.

2. Cukupi istirahat

Istirahat dan tidur berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Jam tidur yang kurang diduga meningkatkan risiko penyakit ginjal, jantung, stroke, tekanan darah tinggi, detak jantung tidak teratur, hormon stres naik, dan diabetes. 

Perlu Anda ketahui istirahat dan tidur yang cukup bisa memengaruhi reaksi tubuh terhadap insulin, yaitu hormon yang mengontrol tingkat glukosa atau gula darah? Kurang tidur membuat kadar gula darah kita lebih tinggi dari batas normal. Akibatnya, kita pun lebih rentan terserang diabetes. Anda tidak mau kan? 

Nah, maka dari itu mulai sekarang cukupi jam istirahat Anda setiap harinya. Untuk mencukupi kebutuhan tidur menyesuaikan dengan usia Anda. Umumnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7-8 jam, dan remaja membutuhkan waktu tidur sekitar 9-10 jam.

3. Hindari stres

Stres sering dirasakan oleh banyak orang. Salah satunya adalah Anda. Sering merasa marah, gelisah. kesepian, frustasi, sulit menengkan pikiran. Dalam kondisi seperti itu Anda harus pintar-pintar dalam mengatasinya.

Stres adalah hal normal yang pernah dialami oleh setiap orang. Stres yang normal bisa memberikan dampak positif, misalnya membantu Anda bekerja lebih cepat ketika sedang mengejar masa tenggat waktu. Namun hati-hati, kondisi stres bisa berdampak negatif jika sering terjadi dan berkepanjangan.

Stres yang tidak terkendali bisa meningkatkan produksi hormon kortisol. Dalam jangka panjang, peningkatan hormon kortisol dapat mengakibatkan penurunan fungsi kekebalan tubuh. Anda perlu mengelola stres dengan baik untuk menghindari penurunan fungsi kekebalan tubuh.

4. Rutin berolahraga

Dilansir dari laman Dokter Sehat, olahraga adalah gerakan oleh tubuh yang memberikan efek pada tubuh secara keseluruhan. Olahraga melatih otot-otot, membantu sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuh menjadi lancar.

Olahraga merupakan jenis kegiatan fisik yang baik untuk pikiran, tubuh, serta jiwa. Melakukan olahraga mampu menjaga kebugaran, kesejahteraan mental, serta interaksi sosial. Olahraga secara rutin merupakan satu di antara langkah untuk mengantisipasi pencegahan memiliki risiko penyakit berbahaya dalam tubuh. Kegiatan ini bisa dilakukan oleh siapa saja dan semua umur.

Disarankan untuk rutin berolahraga selama 30 menit setiap hari, untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Salah satu olahraga yang murah dan mudah untuk dilakukan adalah berjalan kaki, push up atau sit up. Tak hanya di luar rumah, olahraga atau aktivitas fisik juga bisa dilakukan di dalam rumah.

5. Hindari rokok dan alkohol

Paparan asap rokok dan alkohol secara berlebih dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Merokok menyebabkan tekanan darah langsung meningkat tajam setelah isapan pertama meningkatkan kadar tekanan darah sistolik sebanyak 4 milimeter air raksa (mmHg). 

Nikotin dalam produk tembakau memicu sistem saraf untuk melepaskan zat kimia yang dapat menyempitkan pembuluh darah dan berkontribusi terhadap peningkatakan tekanan darah.

Merokok menyebabkan kerusakan jangka panjang pada pembuluh darah, sehingga bukan saja meningkatkan risiko hipertensi, namun dapat mengembangkan penyakit lainnya di kemudian hari seperti stroke, penyakit jantung, dan serangan jantung.

Berbagai penelitian telah menyebutkan bahwa kebiasaan minum miras dalam jumlah berlebihan dalam waktu lama dapat meningkatkan risiko Anda terhadap hipertensi, atau memperburuk kondisinya jika Anda sudah terdiagnosis.

Alkohol justru dapat mempersempit pembuluh darah jika dikonsumsi dalam dosis tinggi dan berulang. Lama-kelamaan, hal ini juga dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah dan organ dalam lainnya yang tentunya meningkatkan berbagai risiko kesehatan.

Maka dari itu mulai sekarang mencobalah untuk menghindari roko dan alkohol agar tubuh Anda tetap sehat.

Daya tahan tubuh sangat penting sekali, supaya tubuh Anda tetap sehat. Untuk infromasi lebih lengkap cara meningkatkan imunitas tubuh Anda bisa mendownload E-Book kami, di bawah ini. Kami akan mengirimkan link downloadnya melalui Email Anda.


Related Posts